Jumat, 26 Juli 2013

Hadits Budi Luhur 19-44



1.      MEMAKI ORANG SUDAH MENINGGAL DUNIA
Janganlah kamu mencaci orang yang telah mati,karena mereka itu telah selesai dengan apa yang mereka lakukan. (H.R.Bukhari).
2.      TAQWA DAN BUDI PEKERTI YANG BAIK
Hendaklah kamu takut kepada Allah diman saja kamu berada,dan susullah (tutuplah) pekerjaan yang jahat dengan pekerjaan yang baik,pasti akan menghapusnya dan bergaullah dengan sesama manusia dengan kelakuan yang baik (H.R. Ahmad).
3.      JANGANLAH MENCELA MAKANAN
Nabi muhammad saw.tidak pernah mencela sesuatu makanan.maka yang diingini dimakan(asal yang halal).yang tidak diingin tidak dimakan (H.R. Ahmad).
4.      MENGUCAPKAN SALAM
“ Orang yang berkendaraan,hendaklah memberi salam kepada orang yang berjalan,orang yang berjalan hendaklah memberi salam kepada orang yang duduk,dan orang yang sedikit jumlahnya hendaklah memberi salam kepada orang yang banyak.(H.R.Bukhari-Muslim).
5.      MENGUCAPKAN SALAM
“ Orang muda memberi salam kepada orng tua,orang yang berjalan kepada orang yang sedang duduk dan orang yang sedikit jumlahnya kepada orang yang banyak (H.R.Bukhari)
6.      MENGAMBIL BARANG ORANG LAIN
“ Janganlah kamu mengambil barang kepunayaan orang lain,baik bergurau(pura-pura) maupun dengan sengaja.(H.R.Turmudzi)
7.      BERJABAT TANGAN
“ Berjabatan tanganlah kamu satu sama lain,agar lenyaplah dendam kuhumat diantara kamu.(H.R.Baihaqi).
8.      MUSLIM SEJATI DAN ARTI HIJRAH
Orang yang sempurna Islamnya, ialah orang yang menyelamatkan orang Islam yang lainnya dari gangguan lidahnya dan tangannya.dan orang yang berhijrah itu ialah orang yang meninggalkan apa yang dilarang Allah (H.R.Bukhari)
9.      MERUBAH KEMUNGKARAN
“ Barang siapa yang melihat sesuatu kemungkaran, hendaklah (berusaha) memperbaikinya dengan tangannya (kekuasaan), bila tidak mungkin hendaklah berusaha memperbaikinya dengan lidahnya (nasihat), bila tidak mungkin pula, hendaklah mengingkari dengan hatinya (tinggalkan), itulah selemah-lemahnya iman.(H.R.Muslim)
10.  MENJUAL, MEMBELI DAN MENAGIH SECARA MUDAH
“ Tuhan menyayangi seseorang yang menjual secara mudah,membeli dan menagih secara mudah. (H.R.Bukhari).
11.  ORANG ISLAM YANG UTAMA
“ Ya Rasulullah!, siapakah gerangan orang Islam yang paling baik?, jawab Rasulullah: ialah orang Islam yang sesama orang Islam lainnya(merasa)aman dari gangguan lidahny dan tangannya (H.R Muslim).

12.  DUDUK DI ANTARA DUA ORANG
“ Janganlah kamu duduk diantara dua orang kecuali dengan seizin keduanya. (H.R. Abu Daud).
13.  PEMIMPIN YANG KHIANAT
“ Dimana seorang hamba Allah yang diserahi memimpin rakyat oleh Allah kemudian orang itu mati,dalam berbuatan hianat terhadap rakyatnya,maka pasti Allah haramkan ia masuk surga.(H.R.Muslim).
14.  MENGUNGKIT PEMBERIAN
“ Orang yang meminta kembali barang pemberiannya, sama hal seperti seekor anjing yang muntah, kemudian dimakannya kembali muntahnya.(H.R.Bukhari).
15.  MENGHORMATI TETANGGA DAN TAMU
“ Barang siapa yang beriman kepadaAllah dan hari akhir,hendaklah ia berbicara baik,atau lebih baik diam.barang siapa beriman kepadaAllah dan hari akhir,hendaklah ia menghormati tetangganya.barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir,hendaklah ia menghormati tamunya.(H.R.Muslim).
16.  DO’A ORANG YANG TERANIAYA
“ Jagalah dirimu dari (do’a) pengaduan orang yang teraniaya, walaupun ia seorang kafir, karena pengaduannya itu tidak ada halangan yang merintang.(H.R.Muslim).
17.  BERAMAH-TAMAH DAN MENYEBAR SALAM
“ Kamu tidak akan masuk surga,kecuali kalau kamu beriman,dan tidaklah beriman kalau kamu belum kasih sayang.maukah kamu,aku tunjukkan sesuatu yang bila mana kamu kerjakan,kamu akan berkasih-sayang antara satu sama lain?tebarkanlah salam diantaramu. (H.R.Muslim).
18.  AMAL YANG PALIN DISUKAI ALLAH
“ Seorang(sahabat)bertanya kepada Nabi muhammad saw:amal perbuatan apkah yang paling disukai oleh Allah ta’la?beliau menjawab:amal yang kekal walaupun sedikit. (H.R.Bukhari).
19.  MENJAGA LIDAH DAN TANGAN
“ Orang yang sempurna Islamnya,ialah orang yang menyelamatkan orang Islam yang lainnya dari gangguan lidah dan tangannya.(H.R.Muslim).
20.  MAKAN HASIL USAHA SENDIRI
“ Tidak ada yang lebih baik daripada makan dari hasil usaha sendiri.demikianlah Nabi daudpun makan dari hasil tenaganya sendiri.(H.R.Bukhari).
21.  PERUMPAMAAN SESAMA MUSLIM
“ Orang mu’min dengan orang mu’min lainnya,laksana suatu bangunan,sebagian memperkokoh pada sebagian yang lain.(H.R.Muslim).
22.  SOMBONG
“ Tidak akan masuk surga,orang yang ada menyelinap dalam hatinya sedikit sifat takabbur.orang bertnya:bagaimana seandainya seseorang ingin memakai baju yang indah dan sepatu yang bagus?, Nabi menjawab: sesungguhnya Allah itu indah dan suka kepada keindahan.(sifat) takabbur itu menolak (haq) kebenaran, dan menganiaya orang(merendahkannya).(H.R.Muslim).
23.  SUMPAH
Barang siapa (terpaksa) bersumpah, hendaklah bersumpah dengan nama Allah atau lebih baik diam.(H.R.Bukhari)
24.  LARANGAN MENYAKITI TETANGGA DAN BERBICARA YANG BAIK
Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir,janganlah mengganggu tetangganya.barang siapa beriman kepada Allah dan hari akir,hendaklah berbicara yang baik atau lebih baik diam.(H.R.Bukhari-Muslim)g.r.bukhorian nama allah atau lebih baik diam.(ndahanya sedikit sifat takabbur.orang bertnya:bagaimana seandainya seseorang ingi
25.  BUKAN SEMUA YANG DIDENGAR DIBICARAKAN
Amat besar dosanya seseorang ,jika semua apa yang didengar dibicarakannya.(H.R.Muslim)
26.  ENAM PERKARA JAMINAN SURGA
“ Berjanjilah kepadaku,bahwa kamu akan mengerjakan enam perkara ini,niscaya aku jamin kamu masuk surga.
1.      Berkatalah yang benar.
2.      Tepatilah apabila kamu berjanji
3.      Tunaikanlah apabila diamanati orang
4.      Jagalah kehormatanmu
5.      Tundukkanlah pandanganmu(terhadap wanita)
6.      Hentikanlah lancang tanganmu(jangan suka memukul orang).(H.R.Ahmad)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ka'bah Night | powered by Blogger | created from Minima retouched by ics - id