Jumat, 26 Juli 2013

Hadits Budi Luhur 1-18



Hadits 101
Tentang
BUDI LUHUR

1.      IMAN DAN BUDI PEKERTI
“ Orang mukmin yang paling sempurna imannya ialah orang paling baik budi pekertinya.”
(H.R. Ahmad)
2.      HAK ORANG ISLAM DENGAN SESAMA ISLAM
Hak orang Muslim dangan Muslim lainnya ada 6 macam, yaitu :
1.      Bila bertemu, ucapkanlah salam kepadanya
2.      Bila di undang, datanglah.
3.      Bila diminta nasehat, berilah nasehat.
4.      Bila bersin yang diikuti dengan ucapan “ Alhamdulillah “ maka jawablah “ YarhamukAllah
5.      Bila ia sakit, jenguklah.
6.      Bila ia meninggal dunia, maka antarkanlah jenazahnya sampai ke kubur.
( H.R Muslim )
3.      MENCINTAI  SESAMA MANUSIA
Demi Tuhan !, tidaklah sempurna iman seorang hamba, sehingga ia mencintai saudaranya ( saudara se-iman) sebagaimana cinta kepada dirinya sendiri.
(H.R Bukhari dan Muslim)
4.      MENGUKUR DIRI
“ Pandanglah orang yang lebih rendah daripadamu, jangan memandang kepada orang yang lebih tinggi daipadamu, karena yang demikian itu lebih baik, agar kamu jangan memperkecil nikmat karunia Tuhan yang telah dianugerahkan kepadamu.
(H.R Bukhari dan Muslim).
5.      HIDUP SEDERHANA
Makanlah, minumlah, berpakaianlah, dan bersedekahlah, jangan berlebih-lebihan dan janganlan bermegah-megahan.
( H.R Abu Daud dan Ahmad)
6.      BERCENGKRAMA
Apabila kamu sedang bertiga, jangan berbisik berdua saja tanpa tanpa turut sertanya kawanmu yang ketiga, kecuali jika kamu sedang ada di tengah-tengah orang banyak, karena perbuatan yang demikian itu sangat mengharukan hati (H.R Bukhari -Muslim)
7.      SILATURRAHMI
Barang siapa ingin murah rizkinya dan panjang umurnya, maka hendaklah mempererat tali hubungan silaturrahmi (H.R Bukhari).
8.      MENGAJARKAN/MENUNJUKKAN KEBAIKAN
Barang siapa menunjukkan orang supaya berbuat baik, maka orang itu beroleh pahala sama seperti pahala orang yang mengerjakannya. (H.R Muslim)
9.      RIDLA DAN KEMURKAAN IBU-BAPAK
Keridloan Allah SWT itu tergantung dari adanya keridloan Ibu-Bapak, dan kemurkaan Allah itu tergantung dari adanya kemurkaan Ibu-Bapak. (H.R Turmudzi)
10.  DOSA-DOSA BESAR
Saya telah bertanya kepada Rasulullah SAW : dosa apakah yang paling besar?, jawab Rasulullah SAW : menyekutukan Tuhan yang telah menjadikanmu. Saya bertanya lagi: dosa apalagi?, jawab Rasulullah SAW : membunuh anakmu, karena engkau takut ia makan bersama-samamu. Saya bertanya lagi : dosa apalagi ?, jawab Rasulullah SAW : berzina dengan istri tetangganya. (H.R Bukhari-Muslim)
11.  TANDA ORANG MUNAFIQ
“ Tanda orang munafik itu ada tiga, yaitu :
1.      Apabila berbicara, ia dusta
2.      Apabila berjanji, ia mungkir
3.      Apabila dipercaya, ia hianat
12.  MEMAKI IBU-BAPAK
Termasuk dosa besar,memaki ibu bapak,orang(sahabat) bertanya: apakah mungkin orang memaki ibu bapaknya?, Nabi menjawab: benar, orang itu memaki bapak orang lain, maka orang itu (membalas) memaki bapaknya. dan ia memaki ibunya,orang itu membalasnya pula memaki ibunya.(H.R.Bukhari-Muslim)
13.  MENAHAN MARAH
“ Orang kuat itu,bukanlah orang yang kuat bergulat tetapi sebenarnya orang kuat itu,ialah yang dapat menahan amarahnya.(H.R.Bukhari-Muslim).
14.  BERKATA BENAR DAN DUSTA
Hendaklah kamu berkata benar,karena berkata benar itu membawa kepada kebaikan,dan kebaikan itu membawa ke surga.demikianlah bila mana senantiasa seseorang membiasakan berkata benar dan cenderung kepada berkata benar,akhirnya orang itu dicacat disisi Allahsebagai orang yang selalu benar.dan jauhilah berkata dusta,karena dusat itu membawa kepada kejahatan,dan kejahatan itu membawa keneraka.demikianlah bila mana orang membiasakan berdusta,dan selalu cenderung berdusta,akhirnya ia dicacat disisi Allah sebagai orang yang sangat berdusta. (H.R.Bukhari-Muslim).
15.  BERZINA, MINUM KHAMR, DAN MENCURI
Orang mu’min,sekali-kali tidak akan berzina,tidak akan minum minuman keras dan tidak akan mencuri.(H.R. Bakr Bin Abdurrahman).
16.  RASA MALU
Diantar yang dapat diketahui orang dari sabda Nabi-Nabi yang dahulu-dahulu itu ialah:kalau tidak tahu malu,berbuatlah sekehendak hatimu.(H.R.Bukhari).
17.  MALU SEBAGIAN DARI IMAN
“ Malu itu sebagian daripada iman (H.R.Bukhori-Muslim).
18.  SALING MENGHORMATI
“ Allah telah mewahyukan kepadaku supaya hendaklah kamu hormat-menghormati satu sama lain,agar jangan ada seseorang yang menganiaya yang lain,dan agar jangan ada seseorang yang sombong terhadap yang lain. (H.R Muslim).

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ka'bah Night | powered by Blogger | created from Minima retouched by ics - id