Sedangkan tanda-tanda
Kalimat Huruf, yaitu selain yang tercantum pada kalimat “ Isim”
dan kalimat “ Fi’il ”.
BAB II
I’RAB
I’rab adalah perubahan pada akhir kalimat
sebab masuknya ‘Amil[1]
yang berbeda-beda, baik perubahan tersebut secara Lafdli[2]
maupun Taqdiri[3].
Macam-macam ‘Irab
NO
|
I’rab
|
Keterangan
|
1
|
Rofa’
|
Masuk pada kalimat “ Isim dan Fi’il
“
|
2
|
Nashab
|
Masuk pada kalimat “ Isim dan Fi’il
“
|
3
|
Jer/Khafadz
|
Khusus Kalimat “ Isim “
|
4
|
jazem
|
Khusus kalimat “ Fi’il “
|
BAB III
TANDA-TANDA I’RAB
1. I’rab Rofa’
NO
|
Tanda-tanda I’rab
Rofa’
|
Keterangan
|
1
|
Dlammah
|
Isim Mufrad[4]
|
Jama’ Taksir[5]
|
||
Jama’ Muannats Salim[6]
|
||
Fi’il Mudlari’[7]
|
||
2
|
Wawu
|
Jama’ Mudzakkar Salim[8]
|
Asma’ul Khamsah / Isim yang lima[9]
|
||
3
|
Alif
|
Isim Tatsniyah[10]
|
4
|
Nun
|
Fi’il Mudlari’[11]
|
2. I’rab Nashob
NO
|
Tanda-tanda I’rab
Nashob
|
Keterangan
|
1
|
Fathah
|
Isim mufrad
|
Jama’ taksir
|
||
Fi’il Mudlari’[12]
|
||
2
|
Alif
|
Asma’ul Husna
|
3
|
Kasroh
|
Jama’ Muannats Salim
|
4
|
Ya’
|
Isim Tatsniyah
|
Jama’ Mudzakkar Salim
|
||
5
|
Hadzfu Nun
|
Af’alul Khamsah[13]
|
3. I’rab Jer/Khafadz
NO
|
Tanda-tanda I’rab
Jer/Khafadz
|
Keterangan
|
[1] Amil artinya yang mengamalkan, membuat akhirnya suatu
kalimat berubah, baik kalimat “ Isim “ maupun “ Fi’il ”.
[2] Perubahan harakatnya nampak, seperti dlammah, fathah, kasrah
dan sukun.
[3] Kebalikan dari lafdli, yaitu perubahan yang tidak nampak,
seakan-akan harakatnya sama, tapi hakekatnya tidak sama.
[4] Isim yang menunjukkan makna tunggal
[5] Isim yang menunjukkan makna banyak, dan berubah dari bentuk
mufrad
[6] Isim yang menunjukkan makna banyak, dari golongan perempuan,
dan akhirnya ditambah Alif dan Ta’
[7] Fi’il Mudlari’ yang akhirnya tidak bertemu Alif
Tatsniyah, Wawu Jama’, Nun Jama’ Muannats, Ya’ Mukhatabah, dan Nun
Taukid.
[8] Isim yang menunjukkan makna banyak, dari golongan laki-laki,
akhirnya ditambah Wawu & Nun ( Rofa’) dan ditambah Ya’
& Nun ( Nashab dan Jer/Khafadz )
[9] Isim yang jumlahnya lima, dan sudah ditentukan dalam Nahwu.
[10] Isim yang menunjukkan makna dua, yang akhirnya ditambah Alif
& Nun ( Rofa’ ) dan Ya’ &
Nun ( Nashob
dan Jer/Khafadz ).
[11] Yang bertemu dengan dlamir Tatsniyah, Dlamir Jama’, dan Dlamir
Mu’annats Mukhatabah.
[12] Yang dimasuki oleh Amil
Nashob.
[13] Fi’il yang jumlahnya ada lima, dan terbentuk dari Fi’il
Mudlari’, yaitu Fi’il Mudlari’ yang akhirnya berupa Alif
Tatsniyah, Wawu Jama’ , dan Ya’ Mukhatabah.
0 komentar:
Posting Komentar