Tabarrukan
SYAIKH MUHAMMAD MAHFUDZ AT TURMUSI
Syaikh
Muhammad Mahfudz At Turmusi adalah Al ‘Allamah Al Muhaddits Al Musnid Al Faqih
Al Ushuli Al Muqri, demikian Syaikh Yasin Al Fadani (seorang ulama’ Makkah asal
Padang Sumatra barat yang masyhur di era 1970-an) memberikan julukan kepada
beliau. Syaikh Muhammad Mahfudz At Turmusi lahir di desa Termas, Pacitan, Jawa
Timur, pada tanggal 12 Jumadil Ula 1285 H/31 Agustus 1868 M. Beliau adalah
salah seorang ulama’ yang sangat berjasa terhadap perkembangan ilmu agama yang
banyak dikaji di pesantren-pesantren pulau jawa, khususnya bidang ilmu Hadits
dan Ushul Fiqh. Syaikh Muhammad Mahfudz At Turmusi memang pantas untuk
dikagumi. Terlebih bagi kalangan Ahlul Isnad yang mengatahui dari siapa saja
dan dari kitab apa saja beliau memperoleh ilmu. Sebab bukan hanya dalam bidang
hadits dan ushul fiqh, bahkan kitab-kitab tafsir, qira’at, nahwu-sharaf,
tashawwuf, sampai amalan dzikir, Syaikh Muhammad Mahfudz At Turmusi berguru
pada ulama yang memilki sanad bersambung hingga Mushonnif (penulis) kitab-kitab
itu sendiri.
Awal
pendidikan beliau dimulai dari Ayahanda beliau Al ‘Alim Al ‘Allamah Al Faqih As
Syaikh Abdullah At Turmusi. Dari Ayah beliau, Syaikh Muhammad Mahfudz At
Turmusi mempelajari Syarh al-Ghayah li Ibni Qasim al-Ghuzza, al-Manhaj
al-Qawim, Fat-h al-Mu’in, Fat-h al-Wahhab, Syarh Syarqawi `ala al-Hikam dan
sebagian Tafsir al-Jalalain hingga sampai Surah Yunus.
Selanjutnya,
beliau berguru kepada As Syaikh Sholih bin Umar As Samarani (masyhur dengan
sebutan Kyai Sholih Darat) Semarang. Pada Kyai Sholih Darat beliau mempelajari
Syarh al-Hikam (dua kali khatam), Tafsir al-Jalalain (dua kali hatam), Syarh
al-Mardini dan Wasilah ath-Thullab (falak). Setelah beberapa tahun dalam
bimbingan Kyai Sholih Darat, kemudian beliau melakukan rihlah tholabul ilmi ke
Makkah Al Mukarramah, yang selanjutnya beliau lebih memilih untuk tinggal di
sana, tidak kembali lagi ke Nusantara. Dan sewaktu Ayahanda beliau Syaikh
Abdullah wafat pada tahun 1894, adik beliau Syaikh Dimyathi yang kemudian
menggantikan posisi Ayahanda beliau, menjadi kiai di Termas. Sudara-saudara
Syaikh Muhammad Mahfudz lainnya adalah Kiai Haji Dahlan yang juga pernah
belajar di Makkah, dan sekembali dari Tanah Suci Makkah beliau diambil menantu
oleh Kiai Sholih Darat Semarang. Kemudian Adik beliau yang bernama Kiai Haji
Muhammad Bakri adalah ulama’ ahli qira’ah, dan Syaikh Abdur Razaq adalah ahli
thariqah dan mursyid Syadziliyyah yang mempunyai murid yang tersebar di seluruh
nusantara.
Diantara guru-guru Syaikh Muhammad Mahfudz di Makkah Al Mukarromah
adalah :
1.
As
Syaikh Al Allamah As Sayyid Abi Bakr bin Muhammad Syatha Al Makki (Mushonnif
kitab I’anatut Tholibin Syarh kitab Fathul Mu’in), yang menjadi pijakan bagi
Syaikh Muhammad Mahfudz dalam periwayatan Hadits.
2.
As
Syaikh Al Allamah Al Muhaddits As Sayyid Husain bin Muhammad Al Habsyi Al Makki
yang dikenal sebagai “Ibnu Mufti”, dari sini Syaikh Mahfudz mempelajari Sahih
al-Bukhari.
3.
As
Syaikh Al Allamah Al Muhaddits Muhammad Sa’id Ba Bashil, dari Syaikh ini Syaikh
Mahfudz mempelajari Sunan Abi Daud, Sunan Tirmizi dan Sunan Nasai. As
4.
Syaikh
Al Allamah Muhammad As Syarbini Ad Dimyathi, dari ulama’ ini Syaikh Mahfudz At
Turmusi memperoleh Syarh Ibni al-Qashih, Syarh ad-Durrah al-Mudhi-ah, Syarh
Thaibah an-Nasyr fi al-Qiraat al-’Asyar, ar-Raudh an-Nadhir lil Mutawalli,
Syarh ar-Ra-iyah, Ithaf al-Basyar fi al-Qiraat al-Arba’ah al-’Asyar (qira’ah
14), dan Tafsir al-Baidhawi bi Hasyiyatihi.
5.
As
Syaikh Ahmad al-Minsyawi, dari ulama’ ini, beliau belajar Qiraah `Ashim dan
tajwid, dan sebagian Syarh Ibni al-Qashih `ala asy-Syathibiyah.
6.
As
Syaikh `Umar bin Barakat asy-Syami, dari ulama’ ini mempelajari Syarh Syuzur
adz-Dzahab li Ibni Hisyam.
7.
As
Syaikh Mustafa al-’Afifi, dari sini Syaikh Muhammad Mahfudz mengkaji kitab
Syarh Jam’il Jawami’ lil Mahalli dan Mughni al-Labib.
8.
As
Syaikh As Sayid Ahmad az-Zawawi, dari sini Syaikh Mahfudz mempelajari Syarh
`Uqud al- Juman, dan sebagian kitab asy-Syifa’ lil Qadhi al-’Iyadh.
9.
As
Sayid Muhammad Amin bin Ahmad Ridhwan al-Madani, dari sini Syaikh Mahfudz
mempelajari Dalail al-Khairat, al-Ahzab, al-Burdah, al-Awwaliyat al-’Ajluni dan
Muwaththa’ Imam Malik.
10.
As
Syaikh Ahmad Al-Fathani. Wa-qila, di ceritakan bahwa Syaikh Ahmad Al-Fathani
memiliki hubungan erat dengan As Syaikh As Sayid Abi Bakr asy-Syatha, bahkan
salah satu karangan As Syaikh As Sayid Abi Bakr asy-Syatha yang berjudul
I’anatut Thalibin (Syarh Fat-hil Mu’in) sebelum dicetak, terlebih dahulu
ditashih dan ditahqiq oleh Syaikh Ahmad al-Fathani atas perimintaan dari Syaikh
Muhammad bin Sulaiman Hasbullah al-Makki dan As Syaikh As Sayid Abi Bakr
asy-Syatha sendiri. Diceritakan pula bahwa yang pertama kali mengajar kitab
I’anatut Thalibin di dalam Masjid al-Haram ialah Syaikh Ahmad al-Fathani. Pada
pengajian itu, para murid As Syaikh As Sayid Abi Bakr asy-Syatha, termasuk
Syaikh Muhammad Mahfudz, semuanya hadir dalam halaqah atau majlis ta’lim Syaikh
Ahmad al-Fathani saat itu.
11.
As
Syaikh Al ‘Allamah Al Fadlil Abu Abdul Mu’thi Muhammad Nawawi Al Jawi Al
Bantani.
Selama
menuntut ilmu di Makkah, Syaikh Muhammad Mahfudz At Turmusi benar-benar
bermujahadah kepada Allah SWt, dengan terjaga di malam hari. Oleh karenanya
nampak kelebihan beliau dalam ilmu hadits dan setiap ilmu-ilmu yang beliau
pelajari, menguasai fiqih dan ushulnya, serta ilmu qira’at al Al Qur’an.
Sehingga para guru beliau memberikan izin untuk mengajar di Masjidil Haram.
Syaikh Mahfudz mengajar di Bab As Shafa Masjid Al Haram dan di rumah tempat
beliau tinggal.
Ada
sebuah kisah menarik saat pertama Syaikh Muhammad Mahfudz mengajar Al Qur’an di
Masjidil Haram. Banyak diantara ulama’-ulama’ wahabi yang meragukan kemampuan
beliau. Sehingga perlu kiranya bagi para ulama’ wahabi Makkah pada saat itu
untuk menjajaki kemampuan Syaikh Mahfudz At Turmusi. Karna, bagaimana mungkin,
seorang non Arab bisa mengajar Al Qur’an yang berbahasa Arab di negeri orang
Arab ?. Maka pada suatu hari, selepas melaksanakan shalat maghrib berjamaah
yang dilanjutkan dengan membaca awrod ba’dal maktubah seperti hari-hari
biasanya, seorang ulama’ wahabi datang kepada Syaikh Muhammad Mahfudz dengan
keinginannya untuk mengetahui kedalaman ilmu dan bacaan Al Qur’an beliau.
Sejurus dengan itu, selanjutnya Syaikh Mahfudz At Turmusi mendekatkan dahinya
dan menempelkannya pada dahi ulama’ Wahabi tersebut, dan menutupi kepala beliau
berdua dengan surban. Setelah itu, Syaikh Mahfudz menempelkan kedua lutut
beliau dengan lutut ulama’ Wahabi tersebut. Dan selanjutnya, Syaikh Muhammad
Mahfudz At Turmusi memulai membaca ayat-ayat Al Qur’an, diawali dari surat Al
Fatihah dan diteruskan dengan surat-surat berikutnya secara berurutan
(bilghoib) hingga berakhir surat An Nas. Semuanya oleh Syaikh muhammad Mahfudz
At Turmusi dibaca secara fuskhah dan tartil. Dan anehnya ketika surat terakhir
dari Al Qur’an telah habis dibaca, adzan untuk sholat isya’ di Masjidil Haram
ternyata belum dikumandangkan. Padahal beliau memulai membaca Al Qur’an setelah
melaksanakan sholat Maghrib berjamaah dan membaca awrod ba’dal maktubah seperti
biasanya.
Setelah
kejadian itu, beberapa dari ulama’ wahabi telah mempercayai kemampuan dan
ke’aliman Syaikh Muhammad Mahfudz At Turmusi, namun ada juga yang masih belum
bisa menerima dan mengakui kemampuan Syaikh Muhammad Mahfudz. Karnanya, Syaikh
Muhammad Mahfudz kemudian menuliskan surat Al Fatihah di udara dengan ujung
jari telunjuknya. Dari ujung jari telunjuk beliau keluarlah asap yang membentuk
tulisan surat Al Fatihah. Dan para hadirin pada saat itu, semuanya dapat
melihat dan membacanya secara jelas. Dan barulah setelah itu para ulama’ wahabi
dapat menerima dan mengakui kemampuan beliau.
Syaikh
Muhammad Mahfudz At Turmusi juga dikenal oleh banyak kalangan sebagai pribadi
yang Tawadhu’ dan berakhlakul karimah yang tinggi, semua prilakunya senantiasa
tidak pernah terlibat pada hal-hal yang tidak berguna. Selain itu beliau juga
dikenal sebagai ‘alim yang wara’. Syaikh Muhammad Mahfudz datang dari Jawa ke
Tanah Suci dengan perbekalan seadanya. Rumah beliau banyak didatangi para
pencari ilmu, baik untuk sekedar mengucap salam maupun untuk mencari ilmu
kepada beliau. Ketika Syaikh Muhammad Mahfudz At Turmusi tholabul ‘ilmi di
Makkah, beliau sezaman dengan Syaikh Wan Daud bin Mustafa al-Fathani (1283
H/1866 M – 1355 H/1936 M), Mufti Pulau Pinang Haji Abdullah Fahim yang
sama-sama tholabul ilmi di tanah suci Makkah Al Mukarromah.
Syaikh
Muhammad Mahfudz At Turmusi adalah termasuk salah seorang diantara ulama’
nusantara yang banyak menghasilkan karangan dalam bahasa Arab seperti halnya
ulama’-ulama nusantara lainnya yang bermukim di Makkah, yakni Syaikh Nawawi Al
Jawi Al Bantani, Syaikh Ahmad Khatib Minangkabau dan Syaikh Abdul Hamid Kudus.
Diantara Hasil Karya Tulis Syaikh Muhammad Mahfudz At Turmusi
adalah :
1.
As-Siqayatul
Mardhiyah fi Asamil Kutubil Fiqhiyah li Ashabinas Syafi’iyah, Selesai penulisan
pada hari Jum’at, Sya’ban 1313 H. Dicetak oleh Mathba’ah at-Taraqqil Majidiyah
al-’Utsmaniyah, Makkah (tanpa tahun).
2.
Muhibah
zil Fadhli `ala Syarh al-’Allamah Ibnu Hajar Muqaddimah Ba Fadhal), kitab ini
terdiri dari empat jilid. Jilid pertama diselesaikan pada 25 Safar 1315 H,.
Jilid kedua diselesaikan pada hari Jum’at, 27 Rabiulakhir 1316 H. Jilid ketiga
diselesaikan pada malam Ahad, 7 Rejab 1317 H. Jilid keempat, diselesaikan pada
malam Rabu, 19 Jamadilakhir 1319 H. Dicetak oleh Mathba’ah al-’Amirah
asy-Syarfiyah, Mesir, 1326 H.
3.
Kifayatul
Mustafid lima `ala minal Asanid, diselesaikan pada hari Selasa, 19 Safar 1320
H. Kandungannya membicarakan pelbagai sanad keilmuan Muhammad Mahfuz bin
Abdullah at-Tarmasi/at- Tirmisi. Dicetak oleh Mathba’ah al-Masyhad al-Husaini,
No. 18 Syari’ al-Masyhad al-Husaini, Mesir (tanpa tahun). Kitab ini ditashhih
dan ditahqiq oleh Syaikh Muhammad Yasin bin Isa al-Fadani al-Makki, al-Mudarris
Daril `Ulumid Diniyah, Makkah.
4.
Manhaj
Zawin Nazhar fi Syarhi Manzhumati `Ilmil Atsar, diselesaikan pada tahun 1329
H/1911 M. Kandungannya membicarakan Ilmu Mushthalah Hadits merupakan Syarh
Manzhumah `Ilmil Atsar karangan Imam Jalaluddin as-Suyuthi. Kitab ini merupakan
bukti bahwa ulama nusantara mampu menulis ilmu hadis yang demikian tinggi
nilainya. Kitab ini menjadi rujukan para ulama di belahan dunia terutama
ulama-ulama hadis. Dicetak oleh Mathba’ah Mushthafa al-Baby al-Halaby wa
Auladuhu, Mesir, 1352 H/1934 M. Cetakan dibiayai oleh Syaikh Salim bin Sa’ad
bin Nabhan wa Akhihi Ahmad, pemilik Al-Maktabah An-Nabhaniyah Al-Kubra,
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.
5.
Al-Khal’atul
Fikriyah fi Syarhil Minhatil Khairiyah, belum diketahui tarikh penulisan.
Kandungannya juga membicarakan hadits merupakan Syarh Hadits Arba’in.
6.
Al-
Badrul Munir fi Qira-ati Ibni Katsir.
7.
Tanwirus
Shadr fi Qira-ati Ibni `Amr.
8.
Insyirahul
Fawaid fi Qira-ati Hamzah.
9.
Ta’mimul
Manafi’ fi Qira-ati Nafi’.
10.
Al-Fawaidut
Tarmasiyah fi Asamil Qira-ati `Asyariyah, Syaikh Yasin Padang menyebut bahawa
kitab ini pernah diterbitkan oleh Mathba’ah al-Majidiyah, Makkah, tahun 1330 H.
11.
Is’aful
Mathali’ Syarhul Badril Lami’Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa karangan
Syaikh Mahfudz mencapai lebih 20 karangan.
12.
Dua
kitabnya di bidang ushul adalah ”Nailul Ma’mul”, syarah atas karya Zakariyya
Anshari ”Lubb Al-Ushul” dan syarahnya ”Ghayat al-wushul”, dan ”Is’af al
Muthali”, syarah atas berbagai versi karya Subki ”Jam’ al-Jawami’. Sebuah kitab
lainnya mengenai fiqh yaitu ”Takmilat al-Minhaj al-Qawim”, berupa catatan
tambahan atas karya Ibn Hajar al-Haitami “Al-Minhaj al-Qawim”.
13.
As
Saqayah al Mardhiyyah fi Asma’i Kutub Ashhabina As Syafi’iyah, kajian atas
karya-karya fiqih mazhab Syafi’i dan riwayat para pengarangnya.
14.
Al
Minhah al Khairiyya.
Syaikh
Muhammad Mahfudz At Turmusi boleh dibilang penulis produktif. Beliau menulis
sejumlah kitab tentang berbagai disiplin ilmu keagamaan, seluruhnya ditulis
dalam bahasa Arab. Namun sayang, banyak karyanya yang belum sempat dicetak, dan
beberapa di antaranya bahkan dinyatakan hilang. Dan meskipun Syaikh Mahfudz At
Turmusi banyak menulis karya tulis dalam berbagai disiplin ilmu, namun beliau
lebih terkenal sebagai pakar dalam bidang hadits, baik Dirayah Hadits,
Mushthalah Hadits maupun Rijal Al Hadits.
Yang
menarik, kitab-kitab karangan Syaikh Mahfudz tidak hanya dipergunakan oleh
hampir semua pondok pesantren di Indonesia, tapi konon banyak pula yang dipakai
sebagai literatur wajib pada beberapa perguruan tinggi di Timur Tengah, seperti
di Marokko, Arab Saudi, Iraq dan negara-negara lainnya. Bahkan sampai sekarang
di antara kitab-kitabnya masih ada yang dipakai dalam pengajian di Masjidil
Haram.
Beberapa Murid Syaikh Muhammad Mahfudz At Turmusi :
1.
Syaikh
Ali Al Banjari (ulama’ Makkah Asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan)
2.
Syaikh
Muhammad Baqir al Jugjawi (ulama’ Makkah asal Jogjakarta)
3.
KHM
Hasyim Asy’ari asal Jombang
4.
KH
Abdul Wahhab Hasbullah asal Jombang
5.
KH
Bishri Syansuri asal Pati yang kemudian menetap di Jombang
6.
KH
Muhammad Ma`shum al Lasami asal Lasem Jawa Tengah
7.
KH
Abdul Muhith dari Panji Sidarjo Jawa Timur
8.
Dan
masih banyak ulama’ lain yang pernah menuntut kepada beliau.
1.
Silsilah
Syaikh Muhammad Mahfudz At Turmusi :
1.
Syaikh
Muhammad Mahfudz At Turmusi bin
2.
Syaikh
Abdullah bin
3.
Syaikh
Abdul Manan (Raden Bagus Darso) bin
4.
Raden
Ngabehi Dipomenggolo bin
5.
Ki
Ageng Sutro Yudho bin
6.
Raden
Puring Mas (Ki Ageng Ampok Boyo/Ki Ageng Posong) bin
7.
Raden
Joko Puring bin
8.
Prabu
Brawijaya V
Syaikh
Muhammad Mahfudz At Turmusi wafat di kota Makkah pada tanggal 1 Rajab 1336 H/
20 Mei 1920 M, sesaat sebelum adzan Maghrib hari Ahad, malam Senin, dalam usia
51 tahun. Jenazah beliau diantar banyak orang, dan dimakamkan di pemakaman Al
Ma’la, Saudi Arabiyah.
Sumber :
Catatan kaki
beberapa santri Termas
dan berbagai
sumber lainnya
0 komentar:
Posting Komentar